MATA KULIAH SEMINAR
DESKRIPSI MATA KULIAH SEMINAR
Mata kuliah ini membahas mengenai cara menyusun karya tulis tentang suatu kajian masalah serta membahasnya dalam forum seminar sebagai penunjang kemampuan menyusun skripsi.
TUJUAN INSTRUKSIONAL Mahasiswa mampu mengangkat sebuah tema masalah mengenai berbagai fenomena sosial atau desain secara kritis, kemudian mencarikan solusinya serta menuliskannya dalam sebuah format ilmiah. Pembuatan tema tersebut akan diakhiri dengan aktivitas pemaparan materi dalam sebuah forum berupa seminar.
STRATEGI PERKULIAHAN Strategi Perkuliahan bersifat ceramah, brainstorming, diskusi, tinjauan kasus/survey lapangan, latihan serta presentasi karya tulis. Diharapkan mahasiswa mampu menyampaikan gagasan / pemecahan masalah/ solusi yang merupakan hasil pengamatan dari literatur, pendapat pribadi, pakar/referensi pustaka maupun hasil observasi. Proses penelitian dan diskusi mengambil prosentase paling banyak pada mata kuliah ini. Sebagai mata kuliah semester 8 yang terdiri dari 4 sks diharapkan Mata Kuliah Seminar ini : a. Melengkapi pengetahuan keterampilan dan pemahaman mengenai penulisan laporan penelitian 3
Melatih proses analisis dan penalaran terhadap berbagai kejadian / proses nyata di lapangan sebagai acuan dalam pembuatan konsep perancangan. Keterampilan yang akan dilatih :
a. Keterampilan Komunikasi : Menyampaikan pesan secara lisan dan tulisan
b. Keterampilan Presentasi : Mengemukakan pendapat didepan publik dan memberikan argumen secara baik dan benar.
c. Keterampilan Penguasaan Materi : Penggunaan teknik presentasi secara visual maupun pembawaan diri
d. Analisa dan Perancangan : Proses penelitian dan tahapan analisa materi dalam penulisan ilmiah
SASARAN Mata kuliah Seminar diarahkan pada proses penelitian dan penyusunan penelitian dengan berbagai tema dibidang Desain Komunikasi Visual secara luas, sehingga mahasiswa dapat mengamati dan memperluas wawasan mengenai perkembangan keilmuan DKV.
LINGKUP MATA KULIAH SEMINAR Lingkup tema penelitian dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan peminatan :
1. Advertising / Periklanan Promosi, kampanye sosial, branding, perkembangan media iklan dan komunikasi, event, Ambient media dll.
2. Desain Grafis Penciptaan logo, corporate identity, desain kemasan, desain buku, desain majalah, perwajahan koran atau media cetak, grafika, penerbitan, desain pameran, ilustrasi, komik, tipografi, poster, signage & way finding dll.
3. Multimedia Desain Web, film dan video, animasi, fotografi, media interaktif, game, digital imaging dll.
Komentar
Posting Komentar